Wednesday, March 21, 2007



btw, gw bikin nie, sebagai pelampiasan gw... klo temen - temen gw pazty tau napa dech....
Nb: siapa aza boleh ngopy, tapi musti send e-mail dulu ke gw...hehe...(sok penting ya)...tapi klo engga juga gpp c...wkakakakaka...............

BAB I

PENDAHULUAN

Pengertian Pasar

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar barang (barang konsumsi).

Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi

· Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya: pasar tradisional, pasar raya, pasar abstrak, pasar konkret, toko swalayan dan toko serba ada.

· Menurut jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa macam di antaranya: pasar ikan, pasar sayur, pasar buah, pasar barang elektronik, pasar barang perhiasan, pasar bahan bangunan dan bursaefek/saham.

Berikut ini adalah arti definisi atau pengertian dari aneka jenis dan macam pasar yang ada :

1. Pasar Barang

Pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang. Pasar barang dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yakni :

a. Pasar Barang Nyata / Riil

Pasar barang nyata adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang bentuk dan fisiknya jelas. Contohnya adalah pasar kebayoran lama, pasar senen, pasar malam, pasar kaget, dan lain-lain.

b. Pasar Barang Abstrak

Pasar barang abstrak adalah pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak riil secara fisik. Pasar barang abstrak juga didefinisikan sebagai proses interaksi (hubungan timbal balik) yang dilakukan penjual dan pembeli dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan barang (output) yang akan diperjualbelikan (penjual menwarkan barang hanya melalui contoh dan pembeli tidak langsung datang ke pasar). Contoh jenis pasar ini adalah pasar komoditas/komoditi yang menjual barang komoditi seperti pasar karet, pasar tembakau, pasar timah, pasar kopi dan lain sebagainya.

2. Pasar Jasa / Tenaga

Pasar jasa adalah pasar yang menjual produknya dalam bentuk penawaran jasa atas suatu kemampuan. Jasa tidak dapat dipegang dan dilihat secara fisik karena waktu pada saat dihasilkan bersamaan dengan waktu mengkonsumsinya. Contoh pasar jasa seperti pasar tenaga kerja, Rumah Sakit yang menjual jasa kesehatan, Pangkalan Ojek yang menawarkan jasa transportasi sepeda motor, dan lain sebagainya.

3. Pasar Uang dan Pasar Modal

a. Pasar Uang

Pasar Uang adalah pasar yang memperjual belikan mata uang negara-negara yang berlaku di dunia. Pasar ini disebut juga sebagai pasar valuta asing/valas/Foreign Exchange /Forex. Risiko yang ada pada pasar ini relatif besar dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, namun demikian keuntungan yang mungkin diperoleh juga relatif besar. Contoh adalah transaksi forex di BEJ, BES, agen forex, di internet, dan lain-lain.

b. Pasar Modal

Pasar Modal adalah pasar yang memperdagangkan surat-surat berharga sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan bisnis atau kepemilikan modal untuk diinvestasikan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Contohnya seperti saham, reksadana, obligasi perusahaan swasta dan pemerintah, dan lain sebagainya.

Dari definisi dan pengelompokan pasar diatas, maka pasar komoditi termasuk dalam kategori/kelompok pasar barang abstrak. Maka bab II, makalah ini akan dijelaskan lebih rinci lagi mengenai pasar komoditi. Adapun pokok bahasan pada BAB II PASAR KOMODITI, meliputi aspek-aspek berikut ini :

· Pengertian Pasar Komoditi

· Barang-Barang Pasar Komoditi

· Perdagangan Pasar Komoditi

· Bursa Komoditi Indonesia

· Pelaku Pasar Komoditi

· Mekanisme Pasar Komoditi

· Contoh Pasar Komoditi


BAB II

PASAR KOMODITI

Pengertian Pasar Komoditi

Pasar Komoditi adalah tempat dipertemukannya aktivitas permintaan dan aktivitas penawaran barang, dalam hal ini barang-barang yang akan diperjual-belikan di pasar. Pada saat terjadinya transaksi, tidak diperlihatkan jumlahnya secara keseluruhan. Namun para penjual menjamin sepenuhnya para pembeli akan menerima barang sesuai dengan contoh/sample yang diperlihatkan di bursa pada saat dilaksanakannya transaksi baik mengenai jumlahnya, kualitasnya, harganya, cara pengiriman dan bahkan waktu penyerahannya. Transaksi terebut dapat dilakukan melalui telepon dan surat pesanan.

Barang-Barang Pasar Komoditi

Adapun mengenai barang-barang yang dapat diperjual-belikan di pasar komoditi cukup beraneka ragam, bisa berupa barang hasil pertanian, kehutanan, pertambangan, serta industri dan kerajinan. Dibawah ini merupakan rincian dari komoditi-komoditi yang dijual di pasar komoditi :

Ø Komoditi yang merupakan barang hasil pertanian yaitu kopi, teh, tembakau, kelapa sawit, lada, kako, karet, dll.

Ø Komoditi yang merupakan hasil hutan yaitu kayu lapis, rotan, dll.

Ø Komoditi yang merupakan hasil pertambangan yaitu emas, aluminium (bauksit), timah, perak, tembaga, minyak bumi, dll.

Ø Komoditi industri dan kerajianan yaitu mebel ukir dari kota Jepara, mebel dan kerajinan rotan Tegalwangi, Cirebon, dll.

Perdagangan Pasar Komoditi

Pada pasar komoditi, perdagangan dibedakan menjadi dua macam yaitu :

  1. Perdagangan Fisik

Perdagangan fisik adalah transaksi jual-beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli, di mana setelah penjual dan pembeli mencapai suatu kesepakatan, penjual akan menyerahkan secara fisik kepada pembeli.

2. Perdagangan Berjangka

Perdagangan Berjangka atau Perdagangan Spekulasi adalah suatu transaksi perdagangan yang telah disepakati pembeli dan penjual dan penyerahan barang yang diperjual-belikan disepakati pada waktu yang telah ditentukan. Selain itu dalam kesepakatan tersebut dinyatakan bahwa pembeli akan membayar di muka harga pembeliannya berdasarkan harga perkiraan dan menunggu penyerahan barang sampai saat jatuh tempo. Kegiatan pembelian tersebut dalam dunia usaha selanjutnya dikenal dengan nama Pembelian Kontrak.

Manfaaat perdagangan berjangka pasar barang komoditi antara lain, sebagai berikut :

· Sebagai sarana pengelolaan risiko manajemen melalui kegiatan lindung nilai/hedging.

Dengan memanfaatkan kontrak berjangka ini, produsen komoditi dapat menjual komoditi yang baru akan mereka panen beberapa bulan kemudian pada harga yang telah disepakati saat ini. Dengan demikian mereka dapat memperoleh jaminan harga sehingga tidak berpengaruh oleh kenaikan/penurunan harga pada pasar tunai. Manfaat yang sama juga diperoleh pihak lain seperti eksportir yang harus melakukan pembelian komoditi di masa yang akan datang, pada saat harus memenuhi kontraknya dengan pembeli di luar negeri, atau pengolah yang harus melakukan pembelian komoditi secara berkesinambungan.

· Sebagai sarana pembentukan harga yang transparan dan wajar.

Harga yang terbentuk pada perdagangan berjangka mencerminkan kekuatan pasokan dan permintaan barang komoditi di pasar.

Bursa Komoditi Indonesia

Pemerintah membentuk Bursa Komoditi Indonesia yang secara teknis bursa ini berada di bawah pengawasan Departemen Perdagangan, sedangkan untuk masalah keuangan berada di bawah naungan Departemen Keuangan. Bursa Komoditi Indonesia melakukan perdagangan berjangka. Ada beberapa alasan yang mendasari pemerintah Indonesia membentuk Bursa Komoditi Indonesia, yaitu :

· Perubahan lingkungan strategis seperti globalisasi.

· Kesepakatan dalam jangka WTO, AFTA, APEC.

· Berkuranya peran perjanjian komoditi Internasional.

· Berubahnya kebijakan deregulasi dan debirokratisasi oleh pemerintah.

· Dalam rangka merangsang produktivitas komoditi dan meningkatkan kegiatan ekspor non migas agar bisa bersaing di pasar global.

· Pemerintah menganggap perlu adanya berbagai fasilitas penunjang yang dapat menjembatani kepentingan produksi dan kepentingan ekspor.

Manfaat Bursa Komoditi Indonesia yang dibentuk pemerintah sejak tahun 1986, antara lain :

· Sarana Pengelolan Risiko

Salah satu ciri barang komoditi yang diperdagangkan di bursa adalah harga komoditi yang bersangkutan sering mengalami gejolak. Untuk menjaga kelangsungan usahanya maka diperlukan instrumen pengelolaan risiko harga yang efisien yaitu dengan menggunakan instrumen kontrak forward, kontrak berjangka, opsi, swap dan bond pada skema pasar. Instrumen yang sering digunakan adalah kontrak berjangka.

Kontrak berjangka adalah suatu perjanjian yang mengikat secara hukum 2 belah pihak untuk membeli dan menjual komoditi dalam jumlah, mutu, jenis, dan tempat tertentu yang telah ditetapkan. Sedangkan waktu penyerahan di kemudian hari. Fluktuasi harga barang komoditi karena perubahan kondisi perekonomian membuat para pelaku bursa ini melakukan mekanisme hedging dengan tujuan melindungi aktiva dan/atau kewajiban agar posisi mereka tetap berada di kondisi Break Event Point (BEP).

· Sarana Pembentukan Harga

Selama belum terbentuk Bursa Komoditi Indonesia, harga jual barang komoditi mengacu pada bursa yang ada di luar negeri. Tetapi setelah terbentuk Bursa Komoditi Indonesia diharapakan Indonesia bisa menjadi price maker dalam perdagangan global komoditinya sendiri. Penetapan harga di bursa juga harus memperhatikan infomasi pasar perdagangan fisik.

Syarat harga jual di pasar Bursa Komoditi Indonesia, adalah :

Ø Merefleksikan konsensus antara sejumlah pembeli dan penjual yang memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan penjualan/pembelian di pasar.

Ø Merefleksikan keadaan pasokan dan permintaan yang sebenarnya dari barang-barang komoditi yang diperdagangkan di bursa.

Ø Merefleksikan keadaan pasokan dan pernintaan di masa yang akan datang dari barang-barang komoditi yang diperdagangkan di bursa.

Ø Merefleksikan berubahnya konsensus di antara peserta pasar karena diterimanya informasi terkini tentang situasi pasokan dan permintaan komoditi yang diperdagangkan di bursa.

· Efisiensi Pasar

Ukuran efisiensi pasar pada bursa komoditi adalah :

Ø Kecilnya perbedaan antara harga bid dan offer dari barang komoditi yang diperdagangkan di bursa.

Ø Cepat dan mudahnya pelaksanaan transaksi di bursa.

· Informasi Pasar

Informasi pasar yang dibutuhkan para pelaku pasar berjangka komoditi antara lain informasi tentang harga, produksi, konsumsi, volume perdagangan dan juga perkiraan (ekspektasi) pasar dapat membuat bursa semakin transparan dan bersaing. Semakin banyak informasi diketahui orang, akan membuat mereka mampu mengantisipasi pembentukan harga di pasar.

Pelaku Pasar Komoditi

Pelaku pasar komoditi baik itu yang melakukan perdagangan fisik maupun perdagangan berjangka. Pelaku Pasar Komoditi yang melakukan perdagangan fisik antara lain :

· Produsen dan Pengolah

Produsen adalah penghasil barang komoditi yang akan dijual pada pasar komoditi. Pengolah adalah pelaku pasar komoditi yang melakukan pengolahan terhadap barang-barang komoditi yang dihasilkan oleh para produsen. Contohnya pengusaha mebel dan kerajinan yang melakukan pengolahan terhadap barang komoditi hasil hutan yaitu rotan.

· Konsumen

Adalah pelaku pasar komoditi yang melakukan konsumsi terhadap barang-barang komoditi yang dihasilkan oleh produsen dan pengolah.

· Pedagang dan Eksportir

Adalah pelaku pasar komoditi yang melakukan tugas untuk menjual barang-barang komoditi dari produsen dan pengolah kepada konsumen baik itu konsumen dalam negeri maupun konsumen luar negeri.

Pelaku pasar komoditi yang melakukan perdagangan berjangka, antara lain :

· Produsen dan Pengolah

Produsen adalah penghasil barang komoditi yang akan dijual pada pasar komoditi. Pengolah adalah pelaku pasar komoditi yang melakukan pengolahan terhadap barang-barang komoditi yang dihasilkan oleh para produsen. Contohnya pengusaha mebel dan kerajinan yang melakukan pengolahan terhadap barang komoditi hasil hutan yaitu rotan.

· Pialang Berjangka

Adalah pelaku pasar komoditi yang menyediakan jasa pelayanan dan informasi kepada investor untuk melakukan transaksi di pasar komoditi mulai dari transaksi dimulai sampai transaksi tersebut selesai. Para pialang berjangka ini akan memperoleh fee atas jasa yang diberikannya kepada para investor pasar komoditi.

Syarat Pialang berjangka antara lain :

a) Menguasai hukum di Indonesia maupun hukum perdagangan Internasional.

b) Tidak pernah pailit atau menyebabkan suatu perusahaan pailit dalam lima tahun terakhir.

c) Tidak pernah di hukum karena terbukti melakukan kecurangan dalam menjalankan usahanya.

· Investor

Bagi calon investor yang berminat untuk terjun didalam pasar komoditi, pertama-tama mereka harus mendapatkan daftar nama-nama perusahaan pialang berjangka terdaftar. Hal yang lain perlu diketahui meliputi margin, bagaimana penempatan order, laporan keuangan nasabah, pernyataan adanya risiko sampai pada tipe pialang yang memberikan jasa pelayannya. Investor dalam pasar berjangka komoditi melakukan kegiatan spekulasi yaitu dengan cara memanfaatkan perubahan harga yang terjadi di pasar berjangka komoditi untuk mendapatkan keuntungan.

Ditinjau dari tingkat kemampuan dan pengalamannya, dikenal ada empat macam kriteria investor di pasar komoditi. Investor tersebut antara lain, sebagai berikut :

1. Investor Tingkat Pemula.

Ciri-ciri investor yang masuk dalam kriteria ini, antara lain :

Ø Mereka nihil pengalaman

Ø Berciri gugup, ragu-ragu dan mudah terperdaya sehingga sering menjadi korban penipuan para pialang ilegal.

Ø Investor ini membutuhkan pialang yang sabar, tidak sibuk dan yang paling penting adalah pialang yang berinterpretasi tinggi dalam menangani investor awam tentang seluk beluk perdagangan ini.

2. Investor berpengalaman yang hanya memanfaatkan momentum pasar sesaat.

Ciri-ciri investor yang masuk dalam kriteria ini, antara lain :

Ø Investor memiliki banyak pengalaman untuk melakukan perdagangan berjangka dalam jangka waktu beberapa hari saja (intra-day trading).

Ø Mereka menyukai pialang yang berkarakteristik cepat tanggap, efisien dan cerdik dalam mengeksekusi setiap transaksinya.

3. Investor berpengalaman yang bertipe seorang “hedger”

Ciri-ciri investor yang masuk dalam kriteria ini, antara lain :

Ø Investor menggunakan analisis fundamental atas komoditi yang diperjualbelikan sehingga investor ini memiliki pengalaman untuk melakukan perdagangan berjangka dalam jangka waktu lama (long term).

Ø Mereka memerlukan data statistik dari para pialang untuk melakukan transaksi.

4. Investor Independen (Scalper)

Ciri-ciri investor yang masuk dalam kriteria ini, antara lain :

Ø Investor ini sangat berpengalaman, perhitungannya tepat dan akurat.

Ø Mereka tidak memerlukan jasa dari para pialang karena mereka lebih suka menggunakan jasa pialang khusus yang hanya bertugas sebagai eksekutor transaksi atas perintahnya (take order).

· Pemerintah

Tugas pemerintah adalah membuat peraturan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif. Dalam rangka mewujudkan dan menjamin integritas pasar komoditi dengan cara melakukan perdagangan berjangka, maka pemerintah melakukan hal-hal sebagai berikut :

a) Kontrak berjangka yang digunakan sebagai dasar dalam transaksi komoditi harus dapat menjamin pelaksanan perdagangan yang adil, transparan dan tidak mengandung kelemahan yang dapat dimanfaatkan untuk penipuan. Oleh sebab itu kontrak berjangka harus mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Pasar Komoditi (Bappebti).

b) Pengawasan pasar dilakukan setiap hari. Pengawasan dilakukan secara berjenjang mulai dari para profesional sendiri, Bursa Berjangka, Lembaga Kliring Berjangka dan Bappebti.

c) Kewajiban lapor bagi para profesional dan Bursa Berjangka dimana laporan ditetapkan secara berkala dan sewaktu-waktu diperlukan.

d) Kewajiban membuat catatan dan/atau rekaman atas kegiatan yang dilakukan oleh pihak yang memgang perijinan dan siap untuk diperiksa secara berkala/sewaktu-waktu diperlukan.

e) Sistem penyelesaian pengaduan/perselisihan secara cepat dan efektif.

Selain itu, pemerintah juga menjamin integritas keuangan para pelaku pasar komoditi dengan cara melakukan perdagangan berjangka. Hal yang dilakukan antara lain :

a) Kewajiban keuangan kepada Lembaga Kliring Berjangka harus dapat dipenuhi tepat waktu dan lancar.

b) Lembaga Kliring Berjangka harus mampu menyelesaikan keuangan transaksi apabila anggotanya lalai/cidera janji.

c) Pialang berjangka harus memiliki kemampuan keuangan yang kuat.

d) Dana nasabah harus ditempatkan di rekening yang berbeda.

e) Setiap pihak harus mematuhi kewajiban modal minimum yang ditetapkan.

f) Transaksi dapat dilakukan apabila nasabah telah menyerahkan margin.

g) Penyelesaian keuangan dilakukan setiap hari.

Mekanisme Pasar Komoditi

· Mekanisme Perdagangan Fisik di Pasar Komoditi

Proses awal perdagangan fisik terjadi di dalam pasar komoditi dimana konsumen dengan produsen selaku pedagang bertemu. Kemudian terjadi kesepakatan untuk melakukan transaksi jual beli barang-barang komoditi. Pihak penjual langsung mempersiapkan barang komoditi yang diambil dari gudang (warehouse), kemudian melakukan proses pemeriksaan terhadap kualitas (quality control) dan melakukan proses pengepakan (packing). Setelah itu barang dikirim menggunakan jasa perusahaan pengangkutan (shipping company) ke pada konsumen. Setelah konsumen menerima barang komoditi tersebut, melakukan pemeriksaan dan kemudian membayar pembelian barang tersebut kepada pihak penjual dengan mentransferkan sejumlah uang ke bank. Setelah itu barulah pihak bank melakukan transfer uang ke rekening penjual. Dan proses perdagangan fisik di pasar komoditi selesai. Mekanisme perdagangan fisik di pasar komoditi dapat dilihat pada gambar 1 berikut.

· Mekanisme Perdagangan Berjangka di Pasar Komoditi

Proses awal perdagangan terjadi di dalam pasar komoditi dimana konsumen dengan produsen selaku pedagang bertemu. Kemudian terjadi kesepakatan untuk melakukan transaksi jual beli barang-barang komoditi dimana penyerahan barangnya masih di kemudian hari. Setelah melakukan kontrak berjangka dengan buyer untuk menjual barang, pihak penjual juga melakukan hedging atas aktiva yang akan diperolehnya dengan cara menghubungi pialang berjangka untuk menjual piutang dagang yang dimilikinya untuk menghindari kerugian karena memegang mata asing di masa yang akan datang karena fluktuasi dari mata uang asing. Setalah itu, penjual memproduksi barang dan langsung mempersiapkan barang komoditi yang diambil dari gudang (warehouse), kemudian melakukan proses pemeriksaan terhadap kualitas (quality control) dan melakukan proses pengepakan (packing). Setelah itu barang-barang komoditi itu diangkut dari pusat produksinya menggunakan truk-truk kontainer berpendingin (buah dan sayur) kemudian dibawa ke pelabuhan, untuk selanjutnya di kapalkan. Setelah proses pengapalan selesai, berlayar selama beberapa lama menuju salah satu bandar, antara lain Nusantara ataupun negara lainnya yang juga melalui Nusantara. Setelah sampai di pelabuhan, maka barang tersebut dipindahkan lagi ke truk-truk kontainer untuk dikirim kepada konsumen/buyer. Setelah konsumen menerima barang komoditi tersebut, melakukan pemeriksaan dan kemudian membayar pembelian barang tersebut kepada pihak penjual dengan mentransferkan sejumlah uang ke bank. Setelah itu barulah pihak bank melakukan transfer uang ke rekening penjual. Setelah menerima uang dari buyer maka penjual mentransfer uang tersebut ke pialang berjangka dan menerima uang dalam mata uang rupiah. Mekanisme perdagangan berjangka di pasar komoditi dapat dilihat pada gambar 2 berikut.

Gambar 1 Mekanisme Perdagangan Fisik di Pasar Komoditi

Gambar 2 Mekanisme Perdagangan Berjangka di Pasar Komoditi

Contoh Pasar Komoditi

· Floating Market (Pasar Terapung) di Chao Praya, Thailand, merupakan pasar komoditi yang menjual barang-barang dagangannya berupa komoditi-komoditi agribisnis, terutama sayur dan buah, maupun berbagai jenis cinderamata khas Thailand di atas sampan.

· Pasir Panjang Wholesale Centre, pasar induk terbesar di Singapore, merupakan pasar yang menjual bermacam-macam komoditi seperti sayur dan buah yang didatangkan dari USA, Australia, RR Cina, Hong Kong, Malaysia, Thailand dan Indonesia. Beberapa jenis komoditi, seperti bawang putih dan kubis dikemas di dalam kantong-kantong jala. Meskipun demikian, terdapat pula buah atau sayur yang dikemas di dalam kotak-kotak karton atau styrofoam yang disusun rapih dan teratur.

· Pasar Borong, Malaysia, yang hingga saat ini merupakan salah satu pasar induk terbesar di Malaysia yang menjual barang-barang komoditi Indonesia diantaranya adalah kubis, ubi jalar, jahe, melon dan cabai.


BAB III

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pembahasan pada bab II maka dapat ditarik kesimpulan, sebagai berikut :

· Pasar komoditi termasuk dalam jenis pasar barang abstrak. Pasar komoditi adalah tempat dipertemukannya aktivitas permintaan dan aktivitas penawaran barang-barang komoditi.

· Barang-barang komoditi yang diperjualbelikan pada pasar komoditi terdiri dari barang hasil pertanian, kehutanan, pertambangan, serta industri dan kerajinan.

· Perdagangan di pasar komoditi terdiri dari dua macam yaitu perdagangan fisik dan perdagangan berjangka. Dari kedua macam perdagangan tersebut yang banyak diplih adalah perdagangan berjangka. Hal ini disebabkan karena perdagangan berjangka memiliki manfaat yaitu sebagai sarana pengelolaan risiko manajemen dan sebagai sarana pembentukan harga yang transparan dan wajar.

· Bursa Komoditi Indonesia dibentuk oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan penjualan barang-barang komoditi agar dapat bersaing di pasar global.

· Pelaku pasar komoditi untuk perdagangan fisik antara lain produsen dan pengolah, konsumen, pedagang dan eksportir. Sedangkan pelaku pasar komoditi untuk perdagangan berjangka antara lain produsen dan pengolah, pialang berjangka, investor dan pemerintah.

· Mekanisme pasar komoditi dibagi menjadi 2 yaitu mekanisme perdagangan fisik di pasar komoditi dan mekanisme perdagangan berjangka di pasar komoditi.

· Contoh pasar komoditi antara lain Floating Market (Pasar Terapung) di Chao Praya, Thailand, Pasir Panjang Wholesale Centre di Singapore, dan Pasar Borong, Malaysia.


CreateD by : VINLUX MARIA
(vien'z_cool_funkygirl@yahoo.com)
om)

5 comments:

Tri Arta said...

Kurang panjang makalah eko nya. manK mo jd pengamat Eko????.

vanny said...

eduuunnn......
blog koq isiny ekonomi smua.......???
thx bwt comment di blog gw yachhhhh.....
ntr gw isi lgi dechhhh....

woy said...

Permisi Pak, numpang posting ya…
Buat Kamu-kamu yg mau passive income? Mau menambah uang saku? Mari gabung dengan program TRIAL http://www.kristinafx.com. Dalam Trial, trader akan mengetahui : Perlu tidak saya mengambil signal ini. Apakah signal kristinafx dapat MENAMBAH INCOME saya?
Follow The Leader, trading Forex dipandu oleh profesional trader? Kamu akan tersenyum dengan PIPS PROFIT yg kamu dapat. Selamat datang…
Terimakasih
Spa Trading
wOY
tel : 0856 9 111 7422
email : woyfx@yahoo.com

faris said...

thanx a lot. it's helpful..

Unknown said...

trimkaasih info dan ilmunya,, tolong masukkin atau tambhkan sumber donk,, biar lbih jelas .. terimkash